Cara menempatkan kode Anti Adblocker di Blog atau Web


Dalam dunia monetizing website atau blog, tentunya kita tidak asing dengan aplikasi atau ekstensi AdBlocker. Ekstensi AdBlocker merupakan aplikasi yang berfungsi memblokir iklan dari website atau blog tertentu. Aplikasi ini bagi seorang net surfer tentunya sangat bermanfaat, karena mereka tidak jarang menemukan website atau blog yang isinya kebanyakan iklan, yang menurut beberapa kalangan dianggap sangat mengganggu. Namun jika kita melihat dari sisi si empunya website atau blog tersebut, kehadiran iklan tersebut dianggap sebagai salah satu pundi penghasilan dari blogger dan admin website. Berbagai pandangan ini seperti menempatkan kita dalam "Perang" antara pendukung AdBlocker dan Anti AdBlocker.

Bagi seorang blogger dan webmaster, aplikasi adblocker tentunya sangat merugikan mereka. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan skrip kode yang memaksa pengunjung agar mereka mematikan/me-white-list web atau blog mereka di aplikasi adblocker pengunjung. Walaupun skrip anti adblocker ini juga bisa dibilang dapat menimbulkan kontroversi, karena memiliki kesan "pemaksaan" dari si empunya blog atau website, dengan kata lain, kalau pengunjung ingin masuk ke blog/website tsb, harus mematikan adblocker. Terlepas dari pro kontranya, aplikasi ini membantu para blogger mengatasi lost revenue mereka gara-gara aplikasi Adblocker.

Berikut merupakan tutorial singkat mengenai bagaimana cara menempatkan skrip kode anti Adblocker di blog atau website. Skrip kode yang akan dipakai, diambil dari situs antiblock.org, dengan versi v3.

Pertama, buka website antiblock.org dan download atau copy kode skrip anti adblocker versi terakhir. Kode tersebut berukuran sangat kecil, mungkin sekitar beberapa KB. Bahasa yang dipakai di website antiblock merupakan bahasa Jerman. Agar tidak kebingungan, kalian dapat memilih bahasa pilihan, baik Inggris atau Indonesia.


Dibagian Einstellungen atau Pengaturan, tulis pesan yang akan dilihat oleh pengunjung ketika mereka mengaktifkan AdBlocker mereka ketika mengunjungi web/blog kalian, misal ; "Silahkan matikan AdBlocker untuk mengakses situs ini!".

Kedua, jika semua sudah di-setting silahkan klik Code Aktualisieren/Terapkan Kode. Kalau kalian masih bingung, lihat saja bagian Demo dari settingan kode yang kalian inginkan. Jika semua sudah selesai, copy kode yang sudah diterapkan di bagian Das Script.

Ketiga, masukkan kode yang kita copy tersebut ke website atau blog kita. Dalam contoh kasus ini kita akan memasukannya ke Blogger. Buka Blogger kalian dan masuk ke bagian Layout, pilih bagian Add a Gadget. Setelah jendela gadget baru terbuka, pilih bagian HTML/Javascript.


Setelah itu, paste kode yang kita ambil dari antiblock.org ke dalam Blogger kemudian Simpan. Untuk melihat hasilnya, silahkan akses situs atau blog kalian menggunakan aplikasi AdBlocker. Jika skrip kode ini bekerja, maka ada beberapa peringatan yang memberitahu kita untuk menonaktifkan AdBlocker.

Untuk selengkapnya tentang tutorial ini, kalian dapat melihat video berikut :


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment