Aturan ketat Facebook mengenai nama


Facebook mulai memperketat aturan mereka mengenai nama pengguna. Nama haruslah nama asli, baik itu untuk pendaftaran akun baru, atau akun yang sudah lama bergabung sebelumnya dengan Facebook. Tak ayal, aturan tersebut menimbulkan kontroversi, tidak terkecuali protes dari berbagai pihak yang tidak menghendaki aturan tersebut.

Walaupun Mark, Zuckenberg sendiri sudah memberi penjelasan terkait tujuan dari aturan tersebut, namun hal tersebut masih belum dapat diterima bagi sebagian kalangan. Dalam wawancara dengan BuzzFeed, CEO Facebook itu mengatakan bahwa masih banyak orang yang belum memahami inti peraturan tersebut sehingga menimbulkan banyaknya kritik yang masuk.
“Nama asli tak berarti nama resmi. Nama asli adalah yang Anda gunakan ke mana pun Anda pergi dan nama yang digunakan teman-teman memanggil Anda,” jelasnya.
“Jika teman Anda memanggil Anda dengan nama pendek dan Anda ingin menggunakan nama itu di Facebook, Anda bisa melakukan itu.”
Source :  RimaNews

Pihak Facebook tetap memperbolehkan pengguna menggunakan nama panggilan atau nama tidak resmi, misalnya nama panggilan teman kita kepada kita. Padahal seringnya, nama panggilan yang digunakan oleh teman kita sangat jauh berbeda dengan nama asli kita sendiri. Namun yang menjadi ganjalan pikiran penulis adalah bagaimana pihak Facebook tahu nama panggilan teman kita kepada kita. Jelas Facebook akan meminta bentuk verifikasi dokumen atau ID kita.

Hei, apa itu tidak terlalu berlebihan untuk jejaring sosial...???

Ketika suatu akun dicurigai mempunyai nama yang "aneh", pihak Facebook akan memblokir akun tersebut sampai si empunya akun melakukan tindakan verifikasi nama penggunanya. Gambar dibawah merupakan gambar laman akun yang diblokir Facebook karena memiliki nama "aneh" sesuai kriteria Facebook.


Ketika kita mengklik link tersebut, kita akan diarahkan ke laman dimana kita harus meng-upload identitas kita.


Selama kita tidak mengupload dokumen/ID kita, kita tidak dapat mengakses akun kita sendiri. Intinya dari awal, Facebook ingin agar kita mengupload ID kita ke jejaring sosial tersebut. Itu sama saja dengan kita harus memakai nama asli di Facebook.

Terlepas dari berbagai alasan yang diberikan oleh pihak Facebook, penulis sendiri tidak sepakat dengan adanya aturan ini. Selain ribet, kita juga tidak melihat apa yang berubah dengan adanya aturan ini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment